Honda EV-Cub, Sensasi Go Green

Diposting oleh d' Creator of the peace on 21.41

Honda kembali menyengat dengan motor konsep ramah lingkungan bertenaga listrik. Konsep pro hijau atau ramah lingkungan nggak cuma jor-joran dieksplorasi oleh banyak pabrikan motor besar pada varian mutakhir mereka, tetapi juga bertemakan motor klasik.

Honda, salah satu pabrikan motor terbesar di dunia telah pasang kuda-kuda untuk go green dengan merilis motor listrik melalui salah satu motor legendarisnya, Honda Cub. Nah, pas gala pameran motor internasional di Tokyo Motor Show bulan Oktober lalu, Honda memamerkan motor konsep listrik Cub bernama EV-Cub.

Pabrik berlambang sayap tunggal ini turut memamerkan motor berkonsep ramah lingkungan lainnya seperti skuter listrik EVE-neo dan skuter PCX yang dilengkapi sistem idling stop. Namun tetap saja si EV-Cub menjadi pusat perhatian. Jika mengendarai motor ini di malam hari, lampu dan kedua spion akan beriluminasi seperti kunang-kunang.

Tak sekadar motor jadul penuh gaya bernafas energi listrik, motor ini mengusung sistem komunikasi mutakhir HELLO! (Honda Electric mobility LOop) dan LOOP, sebuah peranti komunikasi portabel yang nempel klop di telapak tangan sehingga memudahkan sang bikers berkomunikasi. Tentunya sudah didesain agar tetap safety riding dan tidak mengacaukan konsentrasi sang bikers kala perjalanan.

Sebagai titisannya motor terhebat di dunia versi Discovery Channel, Honda Super Cub, EV-Cub juga merupakan generasi terbaru dari model konsep komuter EV. Desainnya dibuat bersahabat dengan lingkungan, nyaman dikendarai oleh berbagai lintas generasi bikers.

Sayangnya, tak banyak informasi detail yang bisa dikorek tentang spesifikasi lengkap dari mesin dan lainnya. Motor konsep ini tampaknya masih dipingit Honda, alias nggak boleh terlalu narsis. Namun pada umumnya motor listrik mendapat asupan tenaga dari mesin motor listrik pada kedua rodanya, plus batterai lithium yang biasanya ngumpet di sekitar frame motor.

Secara kasat mata, EV-Cub tampil dengan mesin motor listrik yang menempel di roda depan dan belakang, seperti motor 2WD alias dua mesin penggerak roda. Meski minim informasi, tampilan nih Honda Cub justru serbapenuh gaya dan makin asik aja. Tetap berlekuk retro yang seksi aduhai dibumbui kekuatan magis dari listrik.

Konsep motor 2WD yang diusung Honda pada motor konsepnya ini memang diujug-ujug bakal menjadi hal yang jamak ditemui dalam teknologi motor masa depan. Yah, seperti saudara tuanya, 4WD yang hadir di kendaraan roda empat. Teknologi 2WD memiliki kelebihan pada traksi jika berada di medan apapun termasuk safety riding, khususnya bagi para biker pemula. Seru kan?!

0 komentar:

Posting Komentar